Rabu, 13 Oktober 2010

Variasi Bahasa

Variasi Bahasa disebabkan oleh adanya kegiatan interaksi sosial yang dilakukan oleh masyarakat atau kelompok yang sangat beragam dan dikarenakan oleh para penuturnya yang tidak homogen. Dalam hal variasi bahasa ini ada dua pandangan. Pertama, variasi itu dilihat sebagai akibat adanya keragaman sosial penutur bahasa itu dan keragaman fungsi bahasa itu. Jadi variasi bahasa itu terjadi sebagai akibat dari adanya keragaman sosial dan keragaman fungsi bahasa. Kedua, variasi bahasa itu sudah ada untuk memenuhi fungsinya sebagai alat interaksi dalam kegiatan masyarakat yang beraneka raga.
  • Tekhnik pengungkapan : adalah cara pengungkapan pikirar melalui gaya (style) bahasa secara khas yang memperlihatkan jiwa dan kepribadian seseorang. Style pada hakekatnya merupakan teknik yakni teknik pemilihan ungkapan kebahasaan yang dirasa dapat mewakili sesuatu yang akan disampaikan atau diungkapkan
  • fungsinya: gaya bahasa kebanyakan di gunakan oleh penulis atau pengarang buku agar hasil dari karya tulisnya mampu di serap dan di mengerti oleh pembacanya, dan dengan adanya gaya bahasa tersebut biasa penulis atau karya seni mengunakan bahasa2 gaul atau khusus agar mudah di mengerti dan asyk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar