Rabu, 13 Oktober 2010

Fungsi Bahasa

Bahasa dibentuk oleh kaidah aturan serta pola yang tidak boleh dilanggar agar tidak menyebabkan gangguan pada komunikasi yang terjadi. Kaidah, aturan dan pola-pola yang dibentuk mencakup tata bunyi, tata bentuk dan tata kalimat. Agar komunikasi yang dilakukan berjalan lancar dengan baik, penerima dan pengirim bahasa harus harus menguasai bahasanya.

Bahasa juga bisa di sebut suatu sistem dari lambang bunyi arbitrer yang dihasilkan oleh alat ucap manusia dan dipakai oleh masyarakat komunikasi, kerja sama dan identifikasi diri. Bahasa lisan merupakan bahasa primer, sedangkan bahasa tulisan adalah bahasa sekunder. Arbitrer yaitu tidak adanya hubungan antara lambang bunyi dengan bendanya.

fungsi bahasa yang bisa mnegubah sikap dan tingkah laku.

A. Ekspresi diri

dalam kehidupan sehari bahasa biasa menjadi ekspresi diri seseorang jika seseoranbg tersebut mempunya pengalaman yang kurang menyenangkan/menyenagkan dalam hidupnya, bisa melalui tulisan dan curhat dan ada juga yang berkomunikasi satu sama lain untuk memecahkan masalah dan bercerita tentang pengalaman dalam hidupnya.

B.Komunikasi

komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi di antara keduanya.Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. pabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu.Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.

C. Adaptasi

Adaptasi dalam bahasa adalah dimana seseorang mamapu berkomunikasi dengan lawan bicaranya dengan baik misalnya saat kita pergi keluar negeri jika sperti itu maka mau tak mau kita harus bisa beradaptasi dengan bahasa negara tersebut untuk dapat berkomunikasi dengan masyrakat yang ada di negara tersebut.

D. Kontak sosial

Pngertian baha dalam kontak sosial atau bernegara bahasa adalah identitas suatu negara, kedudukan bahasa dalam negara indonesia ini dapat menyatukan warga negara indonesia dari sabang sampai merauke, dan bayangkan saja jika indonesia tidak memiliki bahasa persatuan pasti akan sulit jika kita sedang berada di suatu pulau namun kita tidak dapat mngerti bahasa masyarakat asli. oleh karena itu bahasa persatuan sangat lah penting dan memiliki kedukan yang tinggi dalam negara kita ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar