Senin, 18 Oktober 2010

Bahasa Indonesia

Fungsi Bahasa

Bahasa dibentuk oleh kaidah aturan serta pola yang tidak boleh dilanggar agar tidak menyebabkan gangguan pada komunikasi yang terjadi. Kaidah, aturan dan pola-pola yang dibentuk mencakup tata bunyi, tata bentuk dan tata kalimat. Agar komunikasi yang dilakukan berjalan lancar dengan baik, penerima dan pengirim bahasa harus harus menguasai bahasanya.

Bahasa juga bisa di sebut suatu sistem dari lambang bunyi arbitrer yang dihasilkan oleh alat ucap manusia dan dipakai oleh masyarakat komunikasi, kerja sama dan identifikasi diri. Bahasa lisan merupakan bahasa primer, sedangkan bahasa tulisan adalah bahasa sekunder. Arbitrer yaitu tidak adanya hubungan antara lambang bunyi dengan bendanya.

fungsi bahasa yang bisa mnegubah sikap dan tingkah laku.

A. Ekspresi diri

dalam kehidupan sehari bahasa biasa menjadi ekspresi diri seseorang jika seseoranbg tersebut mempunya pengalaman yang kurang menyenangkan/menyenagkan dalam hidupnya, bisa melalui tulisan dan curhat dan ada juga yang berkomunikasi satu sama lain untuk memecahkan masalah dan bercerita tentang pengalaman dalam hidupnya.

B.Komunikasi

komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi di antara keduanya.Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. pabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu.Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.

C. Adaptasi

Adaptasi dalam bahasa adalah dimana seseorang mamapu berkomunikasi dengan lawan bicaranya dengan baik misalnya saat kita pergi keluar negeri jika sperti itu maka mau tak mau kita harus bisa beradaptasi dengan bahasa negara tersebut untuk dapat berkomunikasi dengan masyrakat yang ada di negara tersebut.

D. Kontak sosial

Pngertian baha dalam kontak sosial atau bernegara bahasa adalah identitas suatu negara, kedudukan bahasa dalam negara indonesia ini dapat menyatukan warga negara indonesia dari sabang sampai merauke, dan bayangkan saja jika indonesia tidak memiliki bahasa persatuan pasti akan sulit jika kita sedang berada di suatu pulau namun kita tidak dapat mngerti bahasa masyarakat asli. oleh karena itu bahasa persatuan sangat lah penting dan memiliki kedukan yang tinggi dalam negara kita ini.

Variasi Bahasa

Variasi Bahasa disebabkan oleh adanya kegiatan interaksi sosial yang dilakukan oleh masyarakat atau kelompok yang sangat beragam dan dikarenakan oleh para penuturnya yang tidak homogen. Dalam hal variasi bahasa ini ada dua pandangan. Pertama, variasi itu dilihat sebagai akibat adanya keragaman sosial penutur bahasa itu dan keragaman fungsi bahasa itu. Jadi variasi bahasa itu terjadi sebagai akibat dari adanya keragaman sosial dan keragaman fungsi bahasa. Kedua, variasi bahasa itu sudah ada untuk memenuhi fungsinya sebagai alat interaksi dalam kegiatan masyarakat yang beraneka raga.
  • Tekhnik pengungkapan : adalah cara pengungkapan pikirar melalui gaya (style) bahasa secara khas yang memperlihatkan jiwa dan kepribadian seseorang. Style pada hakekatnya merupakan teknik yakni teknik pemilihan ungkapan kebahasaan yang dirasa dapat mewakili sesuatu yang akan disampaikan atau diungkapkan
  • fungsinya: gaya bahasa kebanyakan di gunakan oleh penulis atau pengarang buku agar hasil dari karya tulisnya mampu di serap dan di mengerti oleh pembacanya, dan dengan adanya gaya bahasa tersebut biasa penulis atau karya seni mengunakan bahasa2 gaul atau khusus agar mudah di mengerti dan asyk.

Kalimat Dasar Bahasa indonesia

Kalimat dasar bahasa indonesi bertipe SP, SPO, SPK, SPPel, SPOK, SPO

  • Unsur-unsur Kalimat :Setiap kalimat memiliki unsur penyusun kalimat. Gabungan dari unsur-unsur kalimat akan membentuk kalimat yang mengandung arti. Unsur-unsur inti kalimat antara lain SPOK :

- Subjek / Subyek (S)
- Predikat (P)
- Objek / Obyek (O)
- Keterangan (K)

contoh: valentino rosi adalah juara lomba moto GP yang kesekian kalinya.

  • Pola kalimat dasar:pola kalimat dasar harus memenuhi kriteria ilmiah yaitu empiris. Empiris itu berarti tata bahasa harus bisa dibuktikan secara ilmiah, oleh setiap oraang, di setiap tempat dan pada setiap waktu.

contoh: Pola Contoh Kalimat 1. S-P Dudi berenang.
Ia menangis.
Harimau binatang buas.
2. S-P-O Libi minum susu.
Binatang itu memanjat pohon.
3. S-P-Pel Ia menangis tersedu-sedu.
Adik bermain bola.
4. S-P-K Cincin itu terbuat dari emas.
Bapak pergi ke kantor.
5. S-P-O-Pel Saya sedang mencarikan adik saya pekerjaan.
Mereka menamai anak itu Sarah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar